instal arabic di windows xp

Pada saat kita menginstal Program Windows pada komputer anda biasanya secara default font Arabic atau encoding Huruf arab tidak terinstalasi, sehingga kita tidak bisa membaca karakter huruf arab pada browser atau pun menuliskan huruf arab pada Office Word.
Untuk itu perlu adanya penambahan Arabic encoding atau instalasi font arabic pada windows kita. Berikut cara instalasi font arab pada windows :

1. Siapkan CD master software Microsoft Windows XP Profesional SP2. Atau apabila tidak memiliki CD Master silahkan baca postingan Install Bahasa Arab Windows XP TanpaCD Master Windows.
2. Buka menu Control Panel pada Start menu dan kemudian Buka menu regional and Language Options. Pilih menu languages, pada Suplemental language support, centangInstall files for complex script and right-to-left languages (including Thai)
Menginstall Bahasa Arab pada Windows XP


3. Centang juga Instal files for east Asian languages, untuk menambah encoding huruf asia lain yang mungkin juga anda perlukan.
4. Klik apply, pada opsi ini masukan cd Windows SP 2 anda, dan browse file yang diperlukan untuk instalasi font arabic ini, letak file di dalam folder i386, klik ok lanjutkan sampai file yang yang diperlukan selesai terinstal.
5. Setelah itu restart PC atau Komputer anda. Setelah restart masuk menu Control panel >>Regional and languages options lagi
6. Pilih menu Advanced >>> Pada Opsi Code page conversion tables >>>centang kotak pada 1004 (mac-arabic) atau centang bahasa lainnya yang ingin ada tambahan seperti font Jepang, Korea, chinese dan font lain yang anda butuhkan. Kemudian klik aplly.
Menginstall Bahasa Arab pada Windows XP


7. Kemudian klik menu languages, klik detail pada opsi Text services and input languages .
8. Pada input languages Pilih arabic (saudi arabia) atau arabic lainnya tergantung jenis huruf arab yag anda inginkan.
9. Pada Keyboard Layout pilih Arabic(101) atau Arabic (102) dan klik ok
Menginstall Bahasa Arab pada Windows XP

10. Kemudan pada opsi preferences klik key setting pilih opsi hot keys for input languages>>> switch between input languages > change Keys Silahkan pilih opsi yang anda inginkan dan klik ok.
11. Untuk tampilkan menu language di dekstop anda klik language bar, dan centang pada opsishow menu language bar on dekstop.
12. Pengaturan ini dimaksudkan sebagai hot keys antara perpindahan bahasa pada saat anda ingin menggunakan bahasa / font default ke bahasa lain ( Arabic).
Setelah langkah diatas selesai maka anda bisa menuliskan huruf arab pada Microsoft Office Word.
Selamat mencoba, semoga berhasil...!

0 Response to instal arabic di windows xp

Post a Comment

Powered by Blogger.